30 Tahun Mohamed Salah, Perjalanan Anak Nagrig Mesir ke Liverpool

Pesepakbola andalan Liverpool—memiliki mesin gol asal Mesir, Mohamed Salah ini Lahir di sebuah desa kecil di Mesir, Nagrig pada tanggal 15 Juni 1992. Diketahui jika tinggi badannya ekitar 175 cm, sebagaimana dikutip dari Euro Sport.

Nama Nagrig sebelumnya tak terlalu dikenal, bahkan di Mesir sekalipun, munculnya Mohamed Salah di dunia sepak bola sekejan nama Desa kecil itu pun ikut terkenal karena budidaya bunga Melatinya.

Salah dikenal sebagai seorang yang pendiam dan disiplin. Ia merupakan pemain sepak bola profesional Mesir yang bermain sebagai penyerang untuk klub Liga Utama Inggris Liverpool dan menjadi kapten tim nasional Mesir. Salah dianggap sebagai salah satu pemain terbaik di dunia, ia dikenal dengan kemampuannya mengeksekusi bola, dribbling, dan kecepatannya.

Mohamed Salah Mengawali Karier

Salah mulai bermain untuk tim pemuda lokal. Dia menyebut Ronaldo, Zinedine Zidane dan Francesco Totti sebagai idola masa kecilnya. Pada 2006, ia bergabung dengan tim muda Al Mokawloon saat berusia 14 tahun setelah dilirik oleh seorang anggota pramuka yang awalnya datang untuk menonton anak lain bermain tetapi terkesima oleh Salah.

Ketika Salah berusia 15 tahun, dia diperhatikan oleh manajer tim pertama Mohamed Radwan, yang segera memindahkannya ke skuat senior. Salah harus diberikan diet dan program latihan khusus karena ototnya belum terbentuk sempurna karena usianya yang masih muda. Dia membuat debut tim seniornya di Liga Utama Mesir sebagai pemain pengganti pada 3 Mei 2010 dalam hasil imbang 1-1 melawan El Mansoura. Selama musim 2010–11 Salah terus mendapatkan menit bermain, akhirnya menjadi pemain reguler di tim.

Klub Sepak Bola Mohamed Salah

1. Basel (2012 – 2014)

Klub Liga Super Swiss, Basel, telah memantau Mohamed Salah untuk beberapa waktu, jadi setelah Liga Premier Mesir di suspend, klub menyelenggarakan pertandingan persahabatan dengan tim U-23 Mesir. Pertandingan berlangsung pada 16 Maret di Stadion Rankhof di Basel, dan meskipun hanya bermain di babak kedua, Salah mencetak dua gol, membantu tim Mesir menang 4-3. Basel kemudian mengundang Salah untuk tetap berada di kota untuk pelatihan selama seminggu. Pada 10 April 2012, diumumkan bahwa Salah telah menandatangani kontrak dengan Basel selama empat tahun mulai dari 15 Juni 2012.

Dia membuat debut resminya di Basel dalam pertandingan babak penyisihan Liga Champions UEFA melawan klub Norwegia Molde pada tanggal 8 Agustus, masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-74. Dia melakukan debut liga pada 12 Agustus melawan Thun, memainkan pertandingan penuh.

2. Chelsea (2014 – 2016)

Pada tanggal 23 Januari 2014, Chelsea mengumumkan bahwa kesepakatan telah disepakati dengan Basel untuk menandatangani Salah dengan biaya dilaporkan berada di wilayah 11 juta. Tiga hari kemudian transfer selesai, membuatnya menjadi orang Mesir pertama yang menandatangani kontrak dengan klub yang berbasis di London. Liverpool sangat tertarik untuk mengontrak striker Basel, dan telah mengajukan tawaran sebesar 11 juta tetapi dikalahkan oleh The Blues untuk mendapatkan tanda tangannya.

Pada tanggal 8 Februari, Salah melakukan debutnya untuk Chelsea di Liga Premier, masuk sebagai pemain pengganti dalam kemenangan 3-0 atas Newcastle United. Tujuh pertandingan kemudian, pada 22 Maret, Salah mencetak gol pertamanya untuk Chelsea melawan Arsenal di Stamford Bridge dalam Derby London, masuk sebagai pengganti Oscar, dalam pertandingan yang berakhir dengan kemenangan 6-0 untuk The Blues.

3. Fiorentina (2015) 

Pada hari batas waktu transfer, 2 Februari 2015, Chelsea mengkonfirmasi bahwa Salah akan bergabung dengan klub Italia Fiorentina dengan status pinjaman selama 18 bulan hingga akhir musim 2015–16.

4. AS Roma (2015 – 2016)

Pada 6 Agustus 2015, Mohamed Salah bergabung dengan Roma dengan status pinjaman selama satu musim seharga 5 juta; dengan opsi untuk membuat kesepakatan itu permanen, dengan nilai 15 juta yang dilaporkan. Dia mengenakan kemeja nomor 11. Dia melakukan debutnya pada 22 Agustus, saat musim baru dimulai dengan hasil imbang 1-1 di Hellas Verona.

5. AS Roma (2016 – 2017)

Pada 3 Agustus 2016, Roma mengumumkan penandatanganan Salah dengan kesepakatan permanen seharga 15 juta. Dia mencetak gol pertamanya musim ini dalam kemenangan 4-0 atas Udinese di pertandingan pembukaan musim pada 20 Agustus.

6. Liverpool (2017 – Sekarang)

Pada 22 Juni 2017, Salah menyetujui transfer ke Liverpool. Dia menandatangani kontrak jangka panjang dengan The Reds dengan biaya awal 36,5 juta yang bisa naik menjadi 43 juta. Kedatangan Salah ke Liverpool dapat dikatakan sebagai sebuah keajaiban, dimana di musim pertamanya saja, Salah sudah bisa mencetak banyak gol dan dia merupakan salah satu top skorer bagi Liverpool.

Pada 2 Juli 2018, Salah menandatangani kontrak jangka panjang baru dengan Liverpool. Manajer Jürgen Klopp mengatakan berita itu penting sebagai pernyataan niat dalam hal status Liverpool di dunia sepak bola dengan membuat Salah berkomitmen lebih jauh ke klub. Pada tanggal 30 Agustus 2018, Salah masuk dalam daftar pendek tiga orang untuk Pemain Terbaik UEFA Pria Tahun Ini, berada di tempat ketiga, dan juga termasuk dalam daftar pendek tiga orang untuk UEFA Forward of the Season, datang di tempat kedua.

Pada tanggal 3 September 2011, Mohamed Salah melakukan debutnya untuk tim nasional sepak bola Mesir dalam kekalahan tandang 2-1 oleh Sierra Leone. Dia mencetak gol pertamanya untuk tim pertama Mesir dalam kemenangan 3-0 melawan Niger sebulan kemudian, pada tanggal 8 Oktober, dalam kualifikasi untuk Piala Afrika 2012.

Dalam kualifikasi Piala Dunia FIFA 2018, Salah adalah pencetak gol terbanyak untuk Mesir dengan lima gol, termasuk kedua gol dalam kemenangan 2-1 yang menentukan atas Kongo, salah satunya adalah penalti di menit terakhir untuk membuat Firaun mencapai Piala Dunia pertama mereka. final sejak 1990

Gaya Bermain Mohamed Salah

Dianggap sebagai pemain yang cepat, gesit, pekerja keras dan taktis, dengan teknik yang baik dan insting mencetak gol, Mohamed Salah dikenal karena kecepatan, pergerakan, penyelesaian akhir yang klinis, kelincahan, keterampilan menggiring bola, sentuhan pertama, dan kontrol bola, serta kemampuannya untuk menggunakan kecepatan dan bakatnya pada bola untuk melewati lawan, dan menciptakan peluang mencetak gol untuk dirinya sendiri atau rekan satu timnya.

Related Posts

Kata Shin Tae-yong Usai Bawa Timnas Indonesia ke Piala Asia 2023

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong mengatakan perjalanan skuadnya lolos ke Piala Asia 2023 sudah berjalan sesuai dengan rencana sebelum turun di putaran ketiga kualifikasi di Kuwait pada 8-14 Juni…

Klasemen Akhir Kualifikasi Piala Asia 2022: Timnas Indonesia Lolos

Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 setelah mengalahkan Nepal dengan skor 7-0 pada laga penutup Grup A Kualifikasi di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Kuwait, Rabu dinihari WIB. Gol-gol Timnas…

Klasemen FIA WEC LMP2: Sean Gelael Turun ke Posisi 4

Posisi Sean Gelael mengalami perubahan di klasemen sementara FIA WEC (World Endurance Championship) kelas LMP2 2022. Itu terjadi ketika dirinya menyelesaikan balapan 24 Hours of Le Mans, Prancis, pada…

Hasil Indonesia Open 2022: Hendra / Ahsan Langsung Kandas di Babak Awal

Pasangan ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan / Hendra Setiawan, langsung terhenti di babak pertama turnamen bulu tangkis Indonesia Open 2022. Dalam pertandingan babak pertama di Istora Senayan, Rabu,…

Leave a Reply

Your email address will not be published.