Belajar Teknik Hypnobirthing untuk Persalinan Nyaman dan Lancar

Tentang Anak, ekosistem parenting dan tumbuh kembang anak terlengkap dan terpercaya di Indonesia, menggelar webinar mingguannya kembali sebagai wadah berbagi dan edukasi bagi jutaan calon orang tua, orang tua dan anak Indonesia. Kali ini, webinar Tentang Anak hadir untuk mengedukasi calon orang tua yang sedang menanti kehadiran buah hati atau masih dalam proses kehamilan dan sedang mempersiapkan persalinan.

Tentang Anak mengundang Jamilatus Sadiyah (bidan, hypnobirthing practitioner, founder @bumilpamil.id dan expert Tentang Anak) sebagai narasumber untuk mengupas tuntas topik teknik lahiran hypnobirthing. Webinar ini digelar pada 9 Juni 2022 dan telah diikuti secara virtual oleh lebih dari 1.000 partisipan yang tersebar di seluruh Indonesia. 

dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A, dokter spesialis anak yang juga founder dari Tentang Anak mengatakan, “Tentang Anak hadir tidak hanya fokus pada kesehatan anak setelah lahir tetapi dari awal proses kehamilan, bahkan dari awal perencanaan kehamilan. Webinar yang kami hadirkan tidak terbatas untuk edukasi kesehatan saja, namun kali ini kami menghadirkan live activity, dimana peserta webinar dapat berinteraksi langsung dengan narasumber dan mempraktikan topik yang dibawakan langsung dari rumah.

Melalui webinar ini, kami ingin memastikan bahwa calon orang tua dapat mempersiapkan proses persalinan dengan baik sehingga dapat berjalan lancar, nyaman, dan bisa mengolah rasa Stress saat hamil dan mendapatkan pengalaman yang positif saat melahirkan. Sehingga diharapkan calon orang tua dapat lebih percaya diri dan bahagia dalam melewati perjalanan kehamilan, persalinan, hingga pengasuhan anak karena terus didampingi oleh Tentang Anak di setiap waktu.”

Teknik persalinan hypnobirthing

Hypnobirthing merupakan metode atau teknik yang salah satu tujuannya untuk dapat memprogram ulang pikiran dari memori yang kurang baik, terutama yang berhubungan dengan persalinan, dengan memasukkan afirmasi positif mengenai persalinan. Hypnobirthing juga menjadi salah satu cara untuk mengelola stress saat kehamilan. Karena menurut studi Ibu hamil yg stress dapat meningkatkan resiko bayi mengalami : Alergi, Kolik, Diabetes, Autis dan kelahiran prematur, Stress berkepanjangan juga dapat mempengaruhi kesehatan emosi dan psikologi bayi di masa depan. Sehingga dengan ibu dibekali mengelola stress saat kehamilan dapat membantu “Generasi yang hadir cerdas dan sehat secara lahir dan bathin, jasmani dan ruhaniah” 


◦ Teknik hypnobirthing dapat dilakukan oleh calon ibu sejak di awal kehamilan, lebih awal lebih baik dan harus dipraktekkan secara berulang atau repetisi, minimal 3-4 kali dalam seminggu. 


◦ Teknik hypnobirthing tidak hanya terbatas dilakukan oleh calon ibu, tapi calon ayah juga dapat berpartisipasi untuk mempraktekannya. Karena bisa saja calon ayah juga memiliki ketakutan yang sama, sehingga mindsetnya juga perlu dikelola.

 ◦ Calon orang tua dapat memulai teknik hypnobirthing dengan mensugesti atau afirmasi positif setiap harinya terhadap diri sendiri, seperti contohnya: 


▪ Kehamilan: janin, plasenta, air ketuban, selaput ketuban, tali pusar sehat secara lahir dan batik hingga persalinan 


▪ Persalinan: persalinan berjalan dengan lancar, nyaman, tenang, dikuatkan, diikhlaskan, proses yang bahagia


▪ Menyusui: asiku lancar, cukup memenuhi kebutuhan nutrisi lahir dan batik bayiku 


◦ Adapun cara melakukan komunikasi dengan janin yang dapat dilakukan saat relaksasi hypnobirthing guna mengurangi stres dan afirmasi positif terhadap diri serta bayi: 


▪ Lakukan komunikasi setiap kali beraktivitas sehari-hari


▪ Sesekali minta pendapatnya akan suatu hal 


▪ Ajak berkomunikasi tentang apapun yang ibu rasakan  ▪ Sapa janin apabila bergerak atau menendang 

Banyak manfaat Hypnobirthing

“Hypnobirthing memiliki berbagai manfaat yang dapat dirasakan oleh ibu, bayi dan ayah selama proses kehamilan hingga persalinan usai, diantaranya seperti meningkatkan ketenangan diri untuk sel-sel kesehatan ibu dan janin, mengurangi mual, muntah dan pusing, mengatasi kecemasan dan ketakutan selama hamil dan persalinan, mengurangi resiko terjadinya komplikasi persalinan hingga mengurangi resiko baby blues nantinya. Oleh karenanya, kami dari Tentang Anak ingin memastikan calon orang tua dan bayi yang akan lahir dapat sehat dan bahagia dengan terus memberikan pendampingan melalui berbagai aktivitas edukasi di aplikasi, sosial media dan support group”, tambah Jamilatus. 

Tentang Anak sebagai mitra resmi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia berkomitmen untuk terus membantu lebih banyak orang tua dan calon orang tua di Indonesia dalam memantau perkembangan anak dengan mudah, cepat, praktis, terlengkap dan terpercaya bersama ahlinya melalui aplikasi yang saat ini dapat di unduh dengan gratis di App Store dan Play Store.

Related Posts

Jangan Sampai Terucap, Berikut 6 Kata yang Membuat Anak Sakit hati

Orangtua merupakan panutan bagi anaknya. Mereka yang membesarkan anak sedari lahir dan menjadi orang pertama yang mengajarkan tentang dunia. Pembelajaran yang pertama kali anak dapatkan ketika mereka lahir ialah dari…

Tanda Bayi Sudah Siap Makan dan Waktunya Diperkenalkan MPASI

Aturannya, bayi diberikan MPASI ketika usianya sudah mencapai 6 bulan. Bayi dikatakan sudah siap makan ketika ia telah menunjukkan tanda-tanda bahwa ia telah antusias terhadap makanan. Kira-kira apa saja…

Cara yang Efektif untuk Mengajari Anak Membaca

Membaca adalah keterampilan penting yang harus dikuasai anak-anak. Tidak hanya memastikan keberhasilan di sekolah ketika pembelajaran di kelas beralih dari belajar membaca ke membaca untuk belajar, tetapi juga…

Kenali 4 Tanda Bayi Mulai Belajar Hal Baru

Si kecil sudah mulai bisa apa saja? Mulai suka menggerakkan tubuhnya? Memegang tubuhnya atau mulai mengutak-atik mainannya? Tahukah kamu jika cara inilah si bayi untuk belajar. Mengenal hal baru…

Leave a Reply

Your email address will not be published.